Social-Psychological Intervention Design Competition (SIDC)
Social Intervention Design Competition (SIDC) 2019 merupakan salah satu rangkaian acara di bidang keilmuan 5th Annual Psychology Summit yang diselenggarakan untuk mewadahi ide kreatif mahasiswa Psikologi se-Indonesia dalam merancang intervensi sosial berbasis psikologi. Pada tahun ini, SIDC mengangkat fokus fenomena work-life balance dalam setting pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, peserta diharapkan untuk menyalurkan ide kreatifnya dalam merancang program intervensi yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan mahasiswa agar mampu mengoptimalisasikan aktualisasi diri.
Pada kompetisi SIDC, peserta diharapkan untuk membuat executive summary dari program intervensi yang ingin diselenggarakan. Tim yang berhasil lolos seleksi executive summary akan mendapatkan mentoring, workshop, serta berkesempatan untuk mempresentasikan hasil rancangan intervensinya di Universitas Indonesia. Rancangan intervensi yang diharapkan dari peserta merupakan rancangan yang bersifat solutif, inovatif, dan aplikatif. Tiga tim terbaik berhak untuk mendapatkan penghargaan berupa plakat, sertifikat, dan uang tunai.
Tema :
“Membangun Iklim Pendidikan yang Mendukung Konsep Work-Life Balance di Indonesia”
Waktu dan Tempat Pelaksanaan :
13 – 17 September 2019, Universitas Indonesia
Timeline Acara :
13 September 2019 – Technical Meeting
14 September 2019 – Workshop
15 September 2019 – Workshop & Mentoring
16 September 2019 – Revisi
17 September 2019 – Presentasi Proposal Intervensi
Peraturan Kompetisi
- Peserta lomba adalah mahasiswa aktif S-1 Psikologi dari universitas di Indonesia
- Setiap tim terdiri dari 3 peserta, diperbolehkan berasal dari angkatan yang berbeda namun diharuskan berasal dari Universitas yang sama.
- Setiap tim mengumpulkan rancangan intervensi berupa executive summary dengan maksimal 1000 kata. Masing-masing tim hanya dapat mengumpulkan satu executive summary.
- Rancangan intervensi merupakan rancangan yang bersifat orisinil, belum pernah meraih penghargaan maupun diikutsertakan dalam konferensi maupun lomba apapun. Apabila peserta terbukti melakukan kecurangan berupa plagiarisme serta mengikutsertakan hasil rancangan yang telah mendapatkan penghargaan sebelumnya, maka peserta akan langsung diberikan sanksi berupa diskualifikasi tanpa pengembalian uang pendaftaran
- Materi dalam proposal dikumpulkan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan sitasi dan referensi ditulis berdasarkan format APA.
- Karya yang dibuat tidak boleh mengandung unsur SARA (suku, agama, ras dan antargolongan)
- Seluruh peserta wajib mengikuti rangkaian acara SIDC Psychology Summit 2019 dan hanya diperbolehkan untuk tidak mengikuti rangkaian acara apabila terjadi bencana alam/sakit/musibah yang terjadi karena faktor eksternal. Apabila salah satu peserta tidak mengikuti rangkaian acara, maka akan dilakukan pengurangan nilai bagi tim sebesar 5% per rangkaian acara. Pengurangan nilai bersifat kumulatif.
- Penilaian dan keputusan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat.
Prosedur Pendaftaran
-
- Melakukan pendaftaran secara online yang dapat diakses pada link bit.ly/PendaftaranSIDCSummit
- Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp 500.000 ke rekening BCA 7310536541 a/n Nadira Aulia dan mengirimkan bukti pembayaran melalui email keilmuan.psysummit2019@gmail.com dengan subjek email BuktiPembayaran_Nama Perwakilan Tim_Asal Universitas.
- Peserta membuat executive summary yang sesuai dengan tema SIDC tahun ini. Executive summary merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dengan panjang maksimal 1000 kata.
- Batas akhir pembayaran maupun pengumpulan executive summary adalah 18 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB.
- Apabila peserta telah melakukan pembayaran akan tetapi tidak mengirimkan executive summary sampai dengan waktu yang telah ditentukan, maka peserta akan dianggap telah mengikuti proses seleksi executive summary, akan tetapi tidak lolos dari tahap seleksi. Uang pendaftaran akan dikembalikan sebesar 80%.
- Peserta yang telah mengirimkan executive summary akan tetapi belum melunasi uang pendaftaran sampai waktu yang telah ditentukan, maka executive summary tidak akan melewati proses seleksi dan dianggap gugur.
- Peserta yang telah mengirimkan executive summary dan telah membayar uang pendaftaran tepat waktu, akan tetapi tidak lolos dalam tahap seleksi, maka peserta akan mendapat pengembalian uang pendaftaran sebesar 80%.
- Pengumuman peserta yang lolos dalam tahap seleksi akan diumumkan melalui email serta Instagram Psychology Summit 2019 (@psyhologysummit) pada tanggal 6 September 2019
- Peserta wajib mengirimkan seluruh berkas pendaftaran dalam satu email ke keilmuan.psysummit2019@gmail.com (subjek: SIDC_Nama Tim_Asal Universitas) maksimal sampai dengan tanggal 18 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB. Berkas pendaftaran yang harus dikirim antara lain: excecuitve summary, hasil scan Kartu Tanda Mahasiswa, dan bukti pembayaran.
- Executive summary dikumpulkan dalam format pdf.
- Peserta yang telah mengirimkan berkas persyaratan mengikuti lomba ke email akan mendapatkan email balasan dari panitia dalam waktu 1×24 jam.
Note:
Waktu dan tempat dapat berubah sewaktu-waktu. Diharapkan untuk selalu memantau akun sosial media 5th Annual Psychology Summit untuk memperoleh informasi terbaru.
Winning Prize
Tiga kelompok terbaik akan menerima hadiah berupa
Juara 1 : Rp 3.0000.000, plakat, dan sertifikat
Juara 2 : Rp 2.500.000, plakat, dan sertifikat
Juara 3 : Rp 2.000.000, plakat, dan sertifikat
Poster Competition
Kontak
Nikita (lokai.id / 08812321440)
Nia (christina_angela / 081297162450)
Penjelasan Umum
Deskripsi Singkat
Kompetisi Poster merupakan salah satu cabang lomba Keilmuan dalam 5th Annual Psychology Summit. Pada kompetisi ini, peserta diharapkan mampu membuat infografis meliputi pengertian, ciri-ciri dan karakteristik, ilustrasi (visual maupun verbal), serta informasi lain yang relevan dan dirasa dapat meningkatkan kesadaraan masyarakat akan masalah work-life balance.
Tema
Tema yang diangkat dalam 5th Annual Psychology Summit tahun ini adalah Work-Life Balance yang diturunkan dalam mata lomba poster menjadi Balancing Work-Life and Lifestyle for Maintaining Well-being.
Persyaratan
Peserta merupakan mahasiswa S1 Psikologi semua universitas di Indonesia.
Technical Meeting
Technical Meeting adalah pertemuan via online yang diperuntukkan untuk membahas teknis pelaksanaan lomba lebih lanjut antara panitia dan peserta. Technical Meeting akan dilaksanakan secara online melalui media sosial berupa Line/WhatsApp. Peserta yang telah mengisi form online akan dihubungi via Line/WhatsApp oleh pihak panitia. Setelah melakukan pembayaran pendaftaran lomba, panitia akan menjelaskan lebih lanjut mengenai ketentuan lomba.
Technical Meeting pada lomba Poster akan dilaksanakan pada:
Tanggal : 1 Agustus 2018
Waktu : Tentatif (akan diinformasikan kepada peserta menyusul)
Kewajiban Peserta
Pendaftaran
Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian proses pendaftaran agar dapat secara resmi berpartisipasi dalam lomba poster pada 5th Annual Psychology Summit.
Langkah-langkah pendaftaran adalah sebagai berikut:
- Mengisi link pendaftaran di http://bit.ly/PendaftaranPosterSummit
- Mengirimkan berkas individu berupa hasil scan Kartu Identitas Mahasiswa di Institusi bersangkutan melalui email keilmuan.psysummit2019@gmail.com
- Membayarkan uang pendaftaran sejumlah Rp. 75.000 ke rekening BCA 7310536541 a/n Nadira Aulia dan mengirimkan bukti pembayaran melalui email keilmuan.psysummit2019@gmail.com dengan subjek email Bukti Pembayaran_Nama_Asal Universitas. Pembayaran paling lambat dilakukan pada 1 Agustus 2019 tepat dengan berakhirnya pendaftaran.
Pelaksanaan Lomba
Peserta wajib mengikuti tata cara pelaksanaan lomba agar karya yang dikirimkan memenuhi persyaratan untuk selanjutnya diproses berdasarkan kriteria penilaian. Tata cara pelaksanaan lomba akan dijelaskan pada bagian akhir petunjuk pelaksanaan ini.
Pengumuman Pemenang
Pemenang akan diumumkan pada malam puncak penutupan dan karya dari seluruh peserta lomba poster akan ditampilkan pada exhibition yang diselenggarakan di malam puncak penutupan 5th Annual Psychology Summit.
Hak Peserta
Penilaian
Peserta berhak mendapatkan penilaian apabila telah resmi berpartisipasi dalam lomba Poster di 5th Annual Psychology Summit. Peserta akan mendapatkan rekapitulasi nilai untuk juara I, II, III, dan favorit melalui grup yang berisikan peserta dan panitia.
Diskualifikasi
Diskualifikasi adalah pencabutan hak peserta yang menyebabkan gugurnya penilaian karya oleh Dewan Juri. Diskualifikasi akan dilakukan apabila peserta terbukti melakukan plagiarisme, memojokkan SARA tertentu, dan mengandung unsur pornografi.
Teknis Pelaksanaan
Timeline
- Periode pendaftaran : 10 Juni – 30 Juli 2019
- Technical meeting : 1 Agustus 2019
- Submission softcopy : 17 Agustus 2019
- Submission hardcopy : 19 Agustus 2019
- Periode voting di media sosial : 18 Agustus – 6 September 2019
- Penjurian : 13 September 2019
Pengumpulan Karya
Pengumpulan karya terbagi menjadi dua tahap. Pertama, online submission yang merupakan pengumpulan karya dalam bentuk softcopy. Kedua, submission hardcopy melalui pos maupun langsung yang dikirimkan ke Fakultas Psikologi UI, Depok.
Ketentuan selanjutnya adalah sebagai berikut:
- Ketentuan softcopy adalah berupa ZIP dengan judul Nama Peserta_Asal Instititusi_Judul Poster yang berisi:
- PDF High Quality dari karya
- Folder berisi elemen visual yang digunakan
- Deskripsi singkat dan jelas dalam bentuk PDF (minimal 1 paragraf)
- Sumber referensi (jurnal, buku, ataupun website yang digunakan)
- Dikirimkan maksimal tanggal Minggu, 17 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB ke keilmuan.psysummit2019@gmail.com dengan subjek dan judul file KEILMUAN_POSTER_Nama Lengkap_Asal Universitas.
- Ketentuan hardcopy dikirimkan dengan ketentuan sebagai berikut:
- Karya di print menggunakan art paper 210gsm ukuran A3 (42×29,7) tambah infraboard (46×34) hitam (sisakan margin 2cm tiap sisi, jadi ditempel di infraboard).
- Deskripsi singkat dengan jelas dan sumber referensi dicetak menggunakan kertas HVS ukuran A4.
- Jangan dilipat saat pengumpulan
- Masukkan ke dalam amplop coklat atau disampul dengan sampul coklat besar dan dibungkus seperti kertas kado. Dibaliknya, dapat ditempelkan infraboard.
- Pada bagian depan amplop dituliskan nama peserta, asal institusi, dan judul poster.
- Dikirimkan paling lambat tanggal 19 Agustus 2019 dan tenggat waktu keterlambatan pos 3 hari setelahnya, yaitu 22 Agustus 2019 sudah harus sampai di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat.
Instrumen
Karya dibuat dengan aplikasi pengolah digital seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lain-lain. Peserta diperbolehkan menggunakan elemen visual orisinil buatan peserta ataupun menggunakan alat bantu seperti drawing pad, dan lain-lain. Peserta diperbolehkan menggunakan informasi dari sumber referensi berupa buku, artikel jurnal, website resmi, dsb.
Ketentuan Karya
Karya harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
- Karya harus dibuat sesuai tema dan subtema lomba Poster dalam 5th Annual Psychology Summit.
- Hasil karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
- Hasil karya tidak mengandung unsur pornografi dan memojokkan SARA tertentu.
- Karya harus bebas dari unsur plagiarisme.
Penjurian dan Seleksi Karya
- Karya akan dinilai oleh Dewan Juri dalam bentuk softcopy dengan hasil cetak hardcopy sebagai aspek opsional.
- Tiap peserta yang telah menyerahkan karya sesuai ketentuan berhak untuk berpeluang menjadi Juara 1, 2, dan 3.
- Akan diadakan seleksi karya untuk memasuki tahap voting di akun LINE 5th Annual Psychology Summit. Karya akan dinilai berdasarkan informasi yang dimuat untuk menentukan apakah karya berhak memasuki tahap voting dan jumlah likes atau voting menambah nilai keseluruhan.
- Tiap peserta yang berhasil memasuki tahap voting berpeluang untuk menjadi Juara Favorit.
- Periode voting adalah dalam rentang tanggal 18 Agustus – 6 September 2019 berdasarkan softcopy dari karya peserta yang lolos seleksi.
Winning Prize
Akan terdapat empat pemenang yaitu Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Favorit yang masing-masing akan menerima hadiah berupa:
- Juara 1: uang tunai sebesar Rp 750.000 dan sertifikat
- Juara 2: uang tunai sebesar Rp 500.000 dan sertifikat
- Juara 3: uang tunai sebesar Rp 250.000 dan sertifikat
- Juara Favorit: souvenir dan sertifikat
Kriteria pemenang Juara 1, 2, dan 3 adalah tiga peserta dengan nilai tertinggi berdasarkan penilaian dewan juri. Sementara, Juara Favorit adalah peserta dengan jumlah likes terbanyak berdasarkan hasil voting di media sosial. Hadiah akan diberikan pada malam puncak penutupan 5th Annual Psychology Summit.
Hal-hal Lain
Hasil karya akan menjadi hak milik panitia dengan mencantumkan nama pemegang hak cipta dan tidak akan dikembalikan. Dengan menyerahkan karya pada lomba Poster di 5th Annual Psychology Summit, peserta dianggap tunduk pada seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia.
Essay Competition
Kontak
Naila (08161612377)
Dion (087859418205)
Deskripsi Singkat
Essay Competition merupakan salah satu kompetisi yang berisi penyampaian gagasan kreatif mahasiswa dalam membaca, menganalisa, dan mengkritisi berbagai permasalahan sosial terkait fenomena yang ada dan berdampak pada kehidupan masyarakat luas. Melalui kompetisi esai ini, diharapkan muncul gagasan-gagasan baru yang mampu memberikan solusi alternatif untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul.
Tema
Improving Work-life Balance on Thriving for a Better Life.
Timeline
- Periode pendaftaran : 7 Juni – 28 Juli 2019
- Batas pengiriman karya esai : 16 Agustus 2019 (pukul 23.59 WIB)
- Pengumuman 10 finalis terbaik : 1 September 2019
- Presentasi 10 finalis terbaik esai : Kamis, 19 September 2019
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Kamis, 19 September 2019
Tempat : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Waktu : 08.30 – 16.00 WIB
Syarat dan Ketentuan
- Esai yang dilombakan merupakan hasil karya individu.
- Lomba terbuka untuk mahasiswa/i aktif S1 Psikologi se-Indonesia.
- Esai merupakan hasil karya orisinil sendiri, tidak plagiarisme, dan belum pernah meraih juara atau penghargaan dalam perlombaan mana pun, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang diikutsertakan dalam perlombaan lain.
- Apabila esai yang diikutsertakan terbukti merupakan hasil plagiarisme, maka peserta akan didiskualifikasi.
- Penulisan esai harus mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan penulisan sitasi dan referensi sesuai format American Psychological Association.
- Esai yang dilombakan tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) dan hal yang bersifat provokasi negatif.
- Esai wajib memiliki judul yang sejalan dengan tema yang diangkat oleh panitia.
- Peserta memiliki hak cipta atas esai yang diikutsertakan dalam lomba, namun panitia memiliki hak untuk mempublikasikan karya sebagai bagian dari publikasi acara.
- Sepuluh peserta terbaik yang lolos ke babak presentasi wajib hadir dalam sesi presentasi.
- Sepuluh peserta yang lolos ke babak presentasi mengikuti technical meeting secara online melalui WhatsApp group (waktu dikabarkan menyusul).
- Masing-masing peserta diberikan waktu lima belas menit untuk presentasi dan lima belas menit untuk sesi argumentasi dengan juri.
- Urutan presentasi ditentukan dari undian yang akan dilaksanakan di hari H presentasi.
- Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Apabila dikemudian hari ditemukan kecurangan dari peserta, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta dan yang bersangkutan wajib mengembalikan hadiah dan penghargaan kepada panitia.
- Peserta wajib memahami, menyepakati, dan mentaati seluruh ketentuan dan sistem perlombaan.
Petunjuk Penulisan
- Esai ditulis dalam 1000-1500 kata (tidak termasuk daftar pustaka).
- Esai diketik dengan spasi 1.5, font Times New Roman, justified, dengan margin kiri, kanan, atas, bawah berturut-turut 4, 4, 3, 3 cm dan pada ukuran kertas A4.
- Format penamaan file:
KEILMUAN_ESSAY_Nama_Asal Universitas
Contoh:
KEILMUAN_ESSAY_Naila Arrania_Universitas Indonesia
Mekanisme Pendaftaran
- Pendaftaran dilakukan secara online melalui link http://bit.ly/PendaftaranEssaySummit dari tanggal 7 Juni – 28 Juli 2019.
- Setelah mendapatkan konfirmasi melalui email, peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,- melalui transfer ke rekening BCA 7310536541 a/n Nadira Aulia dan melakukan konfirmasi dengan mengirimkan bukti transfer kepada narahubung paling lambat 7 hari setelah mendapatkan email konfirmasi.
- Pengiriman esai dibuka mulai tanggal 15 Juni 2019 sampai dengan 16 Agustus 2019.
- Esai yang dikirim melewati batas waktu tidak akan diikutsertakan dalam penilaian.
- Pengumpulan esai disertakan dengan data diri berupa Scan Kartu Tanda Mahasiswa. Keduanya dikirimkan berupa attachment dalam 1 email yang sama.
- Esai dikirimkan berupa softcopy berformat .pdf ke email keilmuan.psysummit2019@gmail.com dengan format subjek:
KEILMUAN_ESSAY_Nama Lengkap_Asal Universitas
Winning Prize
Ketiga peserta dengan nilai tertinggi masing-masing akan menerima hadiah berupa:
Juara 1: uang tunai sebesar Rp 750.000, plakat dan sertifikat
Juara 2: uang tunai sebesar Rp 500.000, plakat dan sertifikat
Juara 3: uang tunai sebesar Rp 250.000, plakat dan sertifikat
Hadiah akan diberikan pada malam puncak penutupan 5th Annual Psychology Summit.